Rabu, 01 Mei 2013

Penghematan pelat lantai menggunakan Floordeck atau Bondek

Penggunaan metal pelat seperti bondek / floordeck atau metaldeck ternyata mempercepat pekerjaan konstruksi bangunan yang vertical. Percepatan pelaksanaan pembangunan juga membuat penghematan dalam penggunaan bahan dan pengurangan biaya.

Pada pengecoran pelat umumnya menggunakan banyak perancah atau support sementara pada bagian bawah pelat. Selain memakai bahan perancah yang banyak juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendirikan perancah support sementara tersebut, belum lagi waktu dan tenaga untuk membongkarnya kembali .

Penggunaan floordeck atau bondek selain mengurangi perancah support semnetara, juga membuat sisi bagian bawah pelat yang akan di cor tersebut lebih luas, sehingga sangat memungkinkan pekerjaan lain dapat terus dilakukan sementara pengecoran dan umur beton pelat belum tercapai.

Berikut ini aye lampirkan ilustrasi penghematan biaya pekerjaan pelat beton lantai dengan menggunakan floordeck atau lebih di kenal bondek.



Hemat menggunakan floordeck ,

Video bondek atau Floordeck

Pembangunan rumah tinggal yang cenderung vertical saat ini memerlukan tambahan lantai , saat ini Floordeck / metaldeck atau lebih di kenal dengan sebutan bondek membuat pekerjaan pelat lantai lebih cepat dan lebih murah .

PT. METALAND INDOPROCON
Jl. Palem Indah 37, Sawahbaru-Ciputat, Tangerang Selatan 15413
ph. 021. 7458415 / 7458307 fax. 021. 74862876
http://metaland.co.id

Selasa, 05 Maret 2013

VIDEO BAJA RINGAN





VIDEO PERUSAHAAN BAJA RINGAN
PT. METALAND INDOPROCON
JL. Palem Indah 37, Sawahbaru - Ciputat
Tangerang Selatan 15413
(021) 7458415 ; 7458307
fax. (021) 74862876

Senin, 03 September 2012

Jarak antar kuda-kuda bajaringan

Berapa sih jarak ideal antar kuda-kuda baja ringan?

Jawabannya masih tetep harus berdasarkan hasil hitungan, jadi ngga bener tuh kalo ada yang jawab "Sekian meter"...

Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat.

Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........
Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak.

1. Batten
Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya.

Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe.

Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan.
1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap)
1.6 untuk beban hidup (berat pekerja)

Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L
L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu
(insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng)

sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat.

2. Beban Penutup atap
Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll.....
Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal.

3. Jarak tumpuan Kuda-kuda
Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek.

4. Sudut kemiringan atap
Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek.

baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm .

Minggu, 02 September 2012

Spasi jarak Web pada kuda-kuda baja ringan

Pada kuda-kuda baja ringan, batang-batang terhubung membentuk konstruksi truss (rangka) , ada istilah batang atas, batang bawah, web, dstnya.

Hubungan masing-masing batang terangkai pada buhul yang direkatkan dengan screw khusus, pada konstruksi ini tidak dibenarkan penggunaan welding(las) dikarenaka bahan konstruksi ini sangat tipis dan lapisan anti karatnya dapat rusak oleh panas akibat las.

Banyak pertanyaan mengenai jarak spasi batang-batang tersebut pada konstruksi kuda-kuda bajaringan. Agar jawaban gw ngga jadi pertentangan, akan gw jawab sangat sederhana yaitu TERGANTUNG OUTPUT DISAIN SANG PERENCANA. hahahahahaha......

Beberapa hal yang menjadi acuan dalam penentuan jarak spasi rangka. seperti :
1. Beban yang bekerja pada konstruksi tersebut
2. Bentang tumpuan kuda-kuda
3. Sudut kemiringan atap
4. Dimensi Profil baja ringan yang dipakai (ketebalan 1mm ; 0.75mm dstnya)
5. Mutu Bahan baja ringan (standart G550MPa)


Jarak spasi web bergantung beban yang bekerja di atasnya

Sederhananya apabila beban yang bekerja pada konstruksi baja tersebut atap genteng beton kemungkinannya jarak rangkaian batang pada kuda-kuda cenderung akan lebih rapat di banding konstruksi yang dibebani oleh atap genteng metal (spandek atau sejenisnya).

Pengalaman gw dalam mendisain kosntruksi baja ringan ini jarak Web ngga lebih dari 2200mm.