Senin, 03 September 2012

Jarak antar kuda-kuda bajaringan

Berapa sih jarak ideal antar kuda-kuda baja ringan?

Jawabannya masih tetep harus berdasarkan hasil hitungan, jadi ngga bener tuh kalo ada yang jawab "Sekian meter"...

Bagi kebanyakan orang membuat jarak antar kuda-kuda baja ringan makin rapat maka akan menghasilkan keamanan yang lebih baik...... Nah sebagai Tukang Insiyur, penilaian makin rapat jarak kuda-kuda maka semakin boros bahan atau tidak hemat.

Berencana tidak sama dengan mengira-ngira. ........
Perencana yang baik bisa menghasilkan konstruksi yang aman tanpa menguras uang konsumen lebih banyak.

1. Batten
Elemen pertama penerima beban atap adalah "Batten" orang sering sebut "reng" . Makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya.

Beban yang diterima reng adalah berat dia sendiri, beban penutup atap, beban pekerja, juga beban angin......bagaimana dengan beban air hujan? kalo gw hampir abaikan beban air hujan karena umumnya beban pekerja bisa menggantikannya, tapi kalo mau menghitungnya sebagai pembebanan silahkan, menurut gw agak boros aja nantinya. Toh kalo hujan ngga ada yg kerja kecuali kalo benerin genteng bocor....hehehehehe.

Oh iya jangan lupa memberi tambahan faktor keamanan pada saat menghitung pembebanan.
1.2 untuk beban mati (berat sendiri, bebab penutup atap)
1.6 untuk beban hidup (berat pekerja)

Jangan lupa pula cek lendutannya sebaiknya harus lebih kecil dari 1/300L
L= Jarak interval kuda-kuda dimana reng menumpu
(insya Allah gw upload kan deh hitungan manual kekuatan reng)

sebagai pengingat kembali, produsen baja ringan saat ini sudah memproduksi reng dengan dimensi sangat kecil, kalo lendutan reng ngga di tinjau bisa jadi saat genteng terpasang terlihat melengkung padahal kuda-kuda bajaringannya kuat.

2. Beban Penutup atap
Penutup atap bisa Genteng keramik, genteng beton, metaldeck, PVC, dll.....
Jadi ngga bener tuh kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk pasangan genteng metal.

3. Jarak tumpuan Kuda-kuda
Gw sempat ketemu konsumen yang mau pakai baja ringan sampai bentang lebih dari 25m tanpa tumpuan tambahan selain di kiri dan kanan. Nah makin besar bentangnya bisa jadi jarak kuda-kuda merapat agar beban yang diterima kuda-kuda mumpuni. Disini juga gw bantah kalo ada yang bilang kuda-kuda bajaringan hanya untuk bentang pendek.

4. Sudut kemiringan atap
Sudut kemiringan atap ternyata mempengaruhi juga jarak kuda-kuda, umumnya kuda-kuda berbentuk trapesium pada tipe atap perisai. makin landai sudut atapnya maka tinggi kuda-kuda juga semakin pendek.

baik deh.....sampai gw selesai buatkan hitungn manual batten atau reng , pendekatan untuk jarak antar masing-masing kuda apabila berbeban genteng keramik atau beton kurang lebih 1250mm sedang jika beban penutup atapnya sejenis metal tile atau metal sheet berkisar 1500mm .

17 komentar:

  1. mari kita blang "WOW" untuk blog mas satria...suksess !!, terus menulis dan berkarya

    BalasHapus
  2. god bles you mas bro :D

    blog lainnya di tunggu...

    BalasHapus
  3. jika digunakan gording konvensional dengan jarak 200 cm penutup atap genteng beton, jarak usuk canal C-nya maksimal berapa pak kira-kira? 100 cm berani nggak pak?

    Muhammad
    jogja

    BalasHapus
  4. gan..
    minta perhitungan manualnya dong..

    BalasHapus
  5. sorry baru bisa posting lagi, sebelumnya sempat kelupaan paswordnya, hahahahahaha....

    BalasHapus
  6. @mas Muhamad di Jogja....dg jarak usuk 100cm berani lah, hanya perlu mas Muhammad analisa tinggi gording konvensionalnya, juga jarak kuda-kuda tersebut, thanks dah mampir mas

    @mas Dito....insya Allah saya posting perhitungan manualnya, saat ini masih agak sibuk jadi blum sempat buatkan. thanks sdh mampir

    BalasHapus
  7. Mas sy ada rencana pasang baja ringan, luas nya 18x8m jurai.... Genteng yg sy akan pakai palentong... Kira jarak aman kuda" n reng nya brp pak... Dan spek bahan baja ringan nya ketebalan brp? Mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru masuk lagi, mungkin jika di respon saat ini terasa basi, hanya buat yang lain mungkin bisa jadi bahan informasi ,

      kami pernah melakukan pemasangan konstruksi baja ringan menggunakan genteng keramik glazur dengan bentang bersih 24m tanpa penyanggah diantara tumpuan kiri dan kanan. Hasil perhitungan aman di pergunakan Canal dengan ketebalan 1mm pada top dan bottom chordnya, dan 0.75mm pada webnya dengan spasi internal kuda-kuda 1100mm.

      mohn maaf respon saya terlambat sekaliiiiii...

      sukses terus buat Anda

      salam

      Hapus
  8. Mas bagai mnh cara meng hitung kuda kuda trapisium misalnya 862mtr bentangan berarti jarak titik as kuda kuda gunungan kan 431 kalau di bg trvisium 4 berartikan. Jarak kuda kuda 107. Nah yg sy tanyakan trvisiumnya bentangan atasnya berapa berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada gambar saya mungkin bisa lebih mengerti maksud yang di tanyakan.

      emailkan saja ke teukusatria@gmail.com

      Hapus
  9. Mau nanya ni mas. Rencana mau bikin sistem floating raft hidroponik. Modelnya kaya meja aja memanjang. Yang jadi pertanyaan, kira2 dengan beban diatas meja 125kg/m² jarak antar kakinya bisa sampai berapa ya mas? Oh ya tinggi meja sekitar 75cm dari tanah. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba respon berdasarkan pekerjaan yang pernah saya lakukan.

      saya pernah membuat meja dengan analisa portal menggunakan bahan baja ringan dengan beban 200kg/m2 , saya buat spasi antar konstruksi tersebut 600mm dengan ketebalan 0.75mm .

      Hapus
  10. Oh ya, itu maksudnya pakai baja ringan kanal c

    BalasHapus
  11. Minta buatin software perhitungan beban atap mati dan hidup donk mas

    BalasHapus