Selasa, 18 Mei 2010

istilah dalam konstruksi baja ringan (part1)

konstruksi baja ringan akan semakin populer sebagai konstruksi utama pada kuda-kuda atap rumah atau bangunan lainnya karena memang cepat dan mudah didapat menginggat kayu yang sebelumnya dipergunakan sebagai bahan utama pembuatan kuda-kuda sudah mahal dan sulit didapat.

bagi anda yang berminat untuk menjadi pelaku konstruksi ini atau anda yang ingin menggunakan konstruksi ini, ada istilah-istilah yang sering dipakai dalam konstruksi baja ringan ini.


nah pada gambar diatas terlihat gambar kuda-kuda standar/normal bentuknya segitiga,.....hehehe biasa banget ya..... istilahnya ada "topchord/batang atas" , "bottom chord/batang bawah" , ada "web" , "eave/serambi"

bentuk lain kuda-kuda bajaringan ada lagi....... seperti trapesium juga setengah kuda-kuda ....


sama seperti halnya kuda-kuda standar, kuda-kuda trapesium hanya tambah istilah pada "horizontal chord/batang datar", kuda-kuda trapesium dipergunakan pada bentuk atap perisai atau jurai.

sedangkan gambar terakhir di atas ini adalah gambar bentuk 1/2 kuda-kuda,... nah ... masih ada bentuk lainnya seperti "cremona", "pararel chord" , "scissors" nanti disempatkan tuk di upload juga bentuknya.

7 komentar:

  1. Gan infonya berguna nih...mau tanya untuk jarak panel space top chord dan buttom chord standardnya berapa cm gan?...thnks sebelumnya

    BalasHapus
  2. Jarak tergantung dari beban yg bekerja pada kuda-kuda tersebut, di perlukan disain yang cermat dalam penentuan umumnya ngga lebih dari 2200mm.

    BalasHapus
  3. pertamax gan infonya....
    oh iya, mau tanya nih, cara menentukan jarak antara masing2 webnya berdasarkan apa yah ? klo melihat gambar yg ada di atas, sepertinya habis dibagi 3 yah dari panjang top chord tsb ?? thanks a lot atas pencerahannya.... :)

    BalasHapus
  4. umumnya spasi web ngga lebih besar dari 2200mm,

    BalasHapus
  5. Menentukan panel space bottom chord tidak boleh lebih dari 150cm kan ya ? nah yang jadi persoalan gimana cara menentukan panel space top chord.. apakah web harus membentuk sudut 90 derajat atau bagaimana. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. penentuan nilai panel space utk web aik itu di bottom chord atau topchord adalah hasil hitungan struktur. jarak 150cm lumayan rapat .

      Hapus
  6. Membantu sekali,, Berapa minimal kemiringan top chord? 10 derajat apakah diperbolehkan?

    BalasHapus