Rabu, 19 Mei 2010

istilah dalam konstruksi baja ringan (part2)

melanjuti tulisan sebelumnya, istilah dalam konstruksi baja ringan masih ada seperti "jack rafter"," hip rafter" , "saddle truss" dan lain-lain, nah....tanpa merasa lebih hebat (sekedar sharing) maka coba saya tambahkan di sini,......

batang single yang menumpu pada kuda-kuda trapesium itu disebut "jack rafter" ,........ hehehe keren ya namanya.......hahahahaha , tepat di atas jack rafter ini nanti akan duduk "batten/reng". Sedang "hip rafter" sama seperti jack rafter hanya dipasang pada sudut atap (jurai luar).

oh..iya.... satu kuda-kuda lagi yang biasa dipasang pada konstruksi ini, adalah "saddle truss" , kuda-kuda jenis ini dipikul oleh kuda-kuda baja ringan di bawahnya.

hehehe,.....nih kuda-kuda digendong sama kuda-kuda juga.....enak e.....

2 komentar:

  1. mau tanya Gan. kalau bangunan lebar 9m dan panjang 20m, atap dari asbes gelombang besar + perlengkapannya dan plafon dari seng galvanis + perlengkapannya, kuda-kuda standart ( segi tiga seperti gb 1 part 1 )dengan jarak tiap kuda-kuda 4m, bila bahan kuda-kuda dari pipa galvanis medium dilas,berapa diameter pada top Chord, bottom chord, dan web.

    BalasHapus
  2. metode hitung sama hampir mirip dengan baja ringan, perhitungan rangka batang dimana moment hampir mendekati nol. Sebaiknya abang hitung dahulu gaya batangnya hitung-hitung latihan , hehehehehe....

    setelah itu cek deh apakah setelah gaya batang tersebut di bagi luas penampang masih lebih kecil dari tegangan bahan tersebut.

    hehehehehe......maaf ngga ngejawab hingga detail.

    thanks sdh mampir

    BalasHapus