Kamis, 20 Mei 2010

koneksi buhul konstruksi baja ringan (part1)

masih fokus dibahasan profil berpenampang kanal C, bagaimana kuda-kuda konstruksi ini dirakit?....

sangat sederhana,..... metode penyambungan antar profil sangat sederhana,...dengan metode "back to back" saling memunggung, dan dipererat dengan screw khusus (self drilling screw)

di bagian ini gue mulai dari buhul awal sudut kuda-kuda (heel/pitching point)
lihat gambar yeeee.....


di titik buhul ini bertemu dua batang utama (batang atas dan batang bawah), nah agar, web/batang penghubung atas dan bawah bisa lurus menghubungkannya perlu di coak/notching.... besarnya coakan ini bergantung dari sudut yang akan dibuat,....makin besar sudut kuda-kudanya maka coakannya akan semakin kecil.

screw dipasang dengan jumlah sesuai rencana disain, jumlah screw yg dipasang minimal 3 pcs (untuk menghindari momen sekunder) walaupun mungkin saja menggunakan 2 screw sudah cukup aman pada disain. Berdekatan dengan titik buhul awal tadi di pasang web tegak, minimal tinggi web tersebut 150mm. (lihat gambar lagi ye...)

oh iya ....self drilling screw yang dipakai bercoating/lapis galvanis anti karat dengan ukuran seperti terlihat pada gambar di bawah ini.... (tuh gw upload lagi)... 
 
self drilling screw ini mempunyai kemampuan melubangi dan mengeratkan sambungan dengan sekali aksi,..... hehehehehe,.... dipergunakan bantuan alat kerja bor tangan electrik bermata khusus untuk mengeratkan screw tersebut,...nanti lanjut lagi yo..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar