Kamis, 20 Mei 2010

mutu bahan konstruksi baja ringan

Umumnya kita melihat bahan atau material baja ringan berwarna silver. warna silver tersebut adalah lapisan penutup bahan baja sebagai penahan korosi atau karat. Bahan pelapis anti karat seperti Galvanis/Seng, galvalume(galvanis dan alumunium)lebih populer di panggil "zincalume", dan ZAM. masing-masing material pelapis baja ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

contohnya : material galvanis lebih tahan terhadap air semen di banding galvalume/zincalume, sedang zincalume lebih tahan terhadap korosi dibanding galvanis umumnya didaerah pantai. sedang ZAM melengkapi kekurangan dari bahan galva dan zinca..... hanya perlu di ingat bahwa untuk mencapai konstruksi baja yang layak di pakai, material pelapis baja ringan ini harus setidaknya mempunyai ketebalan lapisan 100gr/m2 tiap sisinya buat pelapis zincalume/galvalume dan 180gr/m2 untuk galvanis. Pada negara eropa yang beriklim 4 musim ketebalan lapisan baja ringan ini harus lebih tebal lagi, pada zincalume minimal harus 150gr/m2 dan 220gr/m2 pada galvanis. Sayangnya regulasi bakunya mengenai ketebalan lapisan ini pun belum dipatrikan oleh pemerintah Indonesia (negaraku tercinta).

dapatkah ketebalan lapisan antikarat pada bahan baja ringan dibedakan dengan mata telanjang?.....
setahu gue "ngga bisa".... jadi sebaiknya pengguna selektif memilihnya, agar terhindar dari korosi dalam waktu yg singkat (jangan sampai nyesel).



Nah,...itu tadi mengenai lapisannya, sekarang mengenai mutu bahan baja utamanya.


Material utamanya adalah baja mutu tinggi G550MPa (5500kg/cm2), sebagai pembanding ya,.....mutu baja besi beton yang dipakai untuk pengecoran umumnya mempunyai mutu bahan G240Mpa (2400kg/cm2), jadi mutu bahan baja ringan ini 2.29 kali lebih tinggi mutunya,.....jadi walaupun tipis ngga malu-maluin,..hahahahaha,..maksudnya walaupun tipis - kuat dia.

agak teknik nih.
  • Tegangan maksimum  550 MPa
  • kuat leleh 550 MPa
  • modulus geser 80.000 MPa
  • Modulus Elastisitas 200.000 MPa
data diatas ini ke pakai tuk input material property di disain nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar