Senin, 17 Mei 2010

konstruksi baja ringan

Penggunaan konstruksi baja ringan sudah sangat merakyat, hampir diseluruh bangunan rumah tinggal saat ini menggunakan konstruksi jenis ini, apa dan bagaimana mengenai konstruksi ini, pada tulisan ini saya coba ceritakan ,...hahahaha.....dongeng kaleee....

saya mengenal konstruksi ini pada tahun 2000 lalu, saat itu saya masih takjub ,
"koq bisa ya material setipis itu dijadikan konstruksi penahan atap yg berat??"

alhamdulillah saya belajar di jurusan teknik sipil,.....lalu saya coba cari tahu mengenai konstruksi ini,.....yg dapat disimpulkan hasil cari tahu saya saat itu adalah "konstruksi ini bisa dipergunakan karena memang sudah dihitung dimana beban yang terjadi harus lebih kecil dari kemampuan konstruksi ini"

sederhana ya......tegangan yg terjadi lebih kecil dari tegangan kemampuan.

sangat disayangkan sampai dengan saat ini sudah 10 tahun lebih pemerintah belum membuat aturan baku (regulasi) mengenai konstruksi ini. Tapi itu bukan kendala tuk mencari tahu lebih tentang konstruksi ini.
pada tahun 2000 itu pula, saya bergabung disalah satu perusahaan pionir konstruksi baja ringan ini, saat itu saking ingin tahunya saya memilih untuk ikut menjadi tenaga installernya (niat amat ya?, hahahaha) ..... item deh gue.....hahahahaha

bahannya ringan, bersih mudah dipotong, ngga banyak alat kerjanya,.....sederhana sekali
saat menghubungkan konstruksi baja ringan ini timbul lagi penasaran saya.....sebab hanya menggunakan screw yang mempunyai mata tajam diujungnya , screw ini bisa mempersatukan profil - profil (buhul) dengan kuat tanpa menggunakan baut lagi......mantabs, tanpa las bisa kuat terhubung.

satu persatu rangkaian kuda-kuda selesai di rakit, sekarang tinggal di angkat dan didirikan.

masing-masing rangkaian diangkat dari bawah ke atas bangunan dengan menggunakan tali, diikat pada titik yg dihitung seimbang tanpa alat kerek khusus, maklum ringan...... bukannya sakti, hahahahaha...

Rangkaian didirikan setelah terangkat ke atas,......dengan jarak antar rangkaian sesuai rencana kuda-kuda tadi dihubungkan masing-masing dengan "batten/reng" , jarak batten/reng disesuaikan dengan ukuran genteng yang akan terpasang, dan pada bagian lainnya batten/reng di pasang sebagai ikatan angin dan pengaku batang bawah. Selanjutnya rangkaian kuda-kuda tersebut dikunci mati pada ring balok bangunan dengan menggunakan dynabolt, selesai deh,....... tinggal dipasang genteng.......

"cepat dan mudah..."

setelah mencoba langsung merakit dan menyelesaikan konstruksi baja ringan ini, penasarannya bertambah ke tahap selanjutnya, yakni bagaimana mendisain konstruksi ini agar aman dipergunakan,..... (biar ngga kepanjangan dibagian ini, gw tulis di judul baru deh,....)

5 komentar:

  1. Ane bookmark deh blognya, artikel tentang baja ringannya sangat bermanfaat (y) terima kasih :)

    BalasHapus
  2. mas ada contoh peringanrhitungan nya gak untuk baja kalo saya boleh minta.sama untuk carak web & sudut nya itu gimana cara menentukanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk perhitungan memang agak banyak outputnya. kalo mendesak email saja ke teukusatria@gmail.com atau teukusatria@yahoo.com

      Hapus