pada kesempatan ini gw mau nulis dengan lebih dalam ke bentuk "C"/ kanal C,....kenapa?.... bentuk ini adalah bentuk yang paling ideal untuk saat ini, akan gw bahas lebih detil mengenai kelebihan bentuk ini pada tulisan khusus nantinya.... (pemilik profil C ngga usah "GR" dan pemilik profil lainnya ngga usah kecil hati, hahahaha)
nah,...pada jenis profil atau penampang bentuk lain seperti profil "Z" dan "omega" penyatuaan profil hanya ditumpukkan saja.
Profil kanal C ini adalah profil utama pada kosntruksi kuda-kuda baja ringan, nah diperlukan profil tambahan sebagai tempat kedudukan atap nantinya,.....profil atau penampangnya berbentuk "omega" ...tuh di bawah ini gw upload-kan gambarnya....
gambar disamping ini adalah gambar penampang batten/reng dimana nantinya genteng akan ditempatkan di atasnya, batten/reng ini juga akan dipergunakan sebagai ikatan angin (windbrace/crossbrace), dan batang pengaku lainnya.
oh iya....hampir lupa ketebalan bahan yang dipakai pada konstruksi baja ringan ini umumnya memiliki ketebalan 0.75mm hingga 1.00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi, sedang pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0.40 hingga 0.60mm ,.....
tinggi profil/penampang juga bervariasi mulai dari 70mm hingga 100mm, dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm,.... kenapa bervariasi?.....agar bisa disesuaikan dg kekuatan dan harga yang ekonomis.....
mantap artikel nya juragan....ane naik kelas nih gara2 tulisan agan hehehe....di tunggu dong tulisan design baja ringan nya......trims ya gan...
BalasHapushahahaha,....terima kasih ya.....gw hampir lupa buat nulis lagi,...insya Allah gw sempetin nulis kembali. Dah kelamaan diperbudak kerjaan,...hahahaahaha
BalasHapus